Skip to main content

Latihan Dan Soal Untuk Program Penyeleksian Kondisi Pascal (Bagian 4)

Sebelumnya saya sudah posting mengenai Latihan Dan Soal Untuk Program Penyeleksi Kondisi Pascal (Bagian 3) Kali ini saya akan menlanjutkan beberapa latihan - latihan lagi. Langsung saja berikut latihan-latihannya :

1. Buatlah program untuk menentukan bonus pegawai, berdasarkan ketentuan yang diberikan oleh bagian personalia dan keuangan sebagai berikut: Pegawai perusahaan digongkan menjadi dua golongan, yaitu staf dan non staf. Staf akan mendapatkan bonus sebesar 1 juta rupiah dengan syarat bahwa ia telah bekerja paling tidak 5 tahun dan umurnya sudah mencapai 50 tahun; staf yang bekerja kurang dari 5 tahun dan berapapun umurnya, hanya mendapat bonus sebesar Rp. 500.000. Pegawai non staf yang telah bekerja lebih dari 5 tahun akan mendapat bonus sebesar Rp. 400.000 jika berumur lebih dari 50 tahun sedangkan pegawai non staf yang berumur kurang dari 50 tahun hanya mendapat bonus Rp. 250.000. Pegawai staf umurnya kurang dari 50 tahun akan mendapat bonus Rp. 300.000


Jawab :  
   program menghitung_bonus_pegawai;
   uses crt;
   var
     Nama,jab     : string;
     umur         : integer;
     LK           : byte;
     bonus        :real;
   begin
     clrscr;
     writeln('        MENGHITUNG BONUS PEGAWAI        ');
     writeln('----------------------------------------');
     write('Masukkan Nama           = ');readln(nama);
     write('Masukkan Jabatan [s/ns] = ');readln(jab);
     write('Masukkan Umur           = ');readln(umur);
     write('masukkan lama kerja     = ');readln(lk);
     writeln('----------------------------------------');
     if (jab='s') or (jab='S') then
     begin
        if (umur>=50)and (LK>=5)then
        begin
          bonus:=1000000;
          end
        else if (LK<=5) then
        begin
          bonus:=500000;
        end
        else if (umur < 50 ) then
        begin
          bonus:=300000;
        end;
     end
     else if (jab='ns') or (jab='NS') then
     begin
        if (umur>=50) and(LK>=5) then
        begin
        bonus:=400000;
        end
        else if (umur<=50) and (LK>=5) then
        begin
        bonus:=250000;
        end;
     end;
   writeln('Bonus ', nama ,' = Rp. ',bonus:5:0);
   readln;
   end.


 Gambar di Pascal
Gambar di Pascal

Hasil Program:



2. Dibaca suatu nilai bertipe integer.
Jika dimasukkan harga 1 maka tulis dilayar ‘SATU’
Jika dimasukkan harga 2 maka tulis dilayar ‘DUA’
Jika dimasukkan harga 3 maka tulis dilayar ‘SATU’
........
Jika dimasukkan harga 9 maka tulis dilayar ‘SEMBILAN’
Jika dimasukkan harga 0 maka tulis dilayar ‘NOL’
Jika dimasukkan harga selain 0 s/d 9 maka tulis dilayar ‘BILANGAN SELAIN 0 s/d 9’

Jawab :
   program Input_Number_And_Output_Text;
   uses crt;
   var
     hrga:integer;
     tls:string [35];
   begin
     clrscr;
     writeln('  INPUT NUMBER AND OUTPUT TEXT   ');
     writeln('---------------------------------');
     writeln;
     write('Masukkan Angka 0 s/d 9: ');readln(hrga);
     writeln('---------------------------------');
     writeln;
     case hrga of
     0 : writeln('   NOL');
     1 : writeln('   SATU');
     2 : writeln('   DUA');
     3 : writeln('   TIGA');
     4 : writeln('   EMPAT');
     5 : writeln('   LIMA');
     6 : writeln('   ENAM');
     7 : writeln('   TUJUH');
     8 : writeln('   DELAPAN');
     9 : writeln('   SEMBILAN');
     end;
     if(hrga >= 10) then
     begin
        writeln('    BILANGAN SELAIN 0 s/d 9');
     end;
     writeln;
     writeln('---------------------------------');
     readln;
   end.
Gambar di Pascal

Hasil Program:


SEKIAN......


Comments

Popular posts from this blog

Pemakaian Gotoxy Pada Program Pascal

Suatu informasi yang terdapat dilayar monitor tentu harus enak dilihat dan rapi. Jika melihat hasil program Menampilkan Lebih 1 Record Pada Pascal kurang menarik, hasilnya masih berantakan. Bagaimana membuat tampilan menjadi lebih tersusun? Untuk menyelesaikan hal ini, kita wajib menggunakan gotoxy. Gotoxy digunakan untuk menuju ke suatu koordinat tertentu pada layar monitor. Dengan menggunakan gotoxy, maka tampilan di layar akan lebih tersusun/rapi, sehingga lebih enak dilihat. Berikut pemakaian gotoxy pada program pascal. uses crt ; type     mahasiswa = record ;     nim    : string[8] ;     nama   : string[30] ;     jenjang: string[2] ;     prodi  : string[30] ;     Nilai  : byte ;     end; var    recMhs : array[1..30] of mahasiswa ;    ket    : string[10];    i      : byte ; Begin    ...

Pemrograman Dasar Komputer Dengan Pascal

Pada bagian Pemrograman dasar pascal, kita akan membahas Contoh Program Komputer tentang perhitungan matematika dasar.  Dalam perhitungan matematika, kita menggunakan operator aritmatika sebagai berikut : Penjelasan : Operator tanda kurung adalah priorotas pertama, artinya bagian yang berada dalam tanda kurang akan dikerjalan pertama kali, kemudian diikuti oleh operator dengan prioritas kedua yaitu kali dan bagi (*dan /), kemudan tambah dan kurang . Dalam  perhitungan matematika, tanda sama dengan menggunakan tanda  := (titik dua sama dengan) untuk menyatakan nilai.  Operator Div digunakan untuk membagi 2 bilangan  bulat (integer) kemudian mengambil  hasil bagi dan sisanya dibuang. Sedangkan operator Mod digunakan untuk membagi 2 bilangan bulat (integer) kemudian mengambil sisanya dan hasil baginya dibuang.  Misalnya : 7 dibagi 2. Hasil baginya 3 dan sisanya 1.  X:= 7 div 2, hasilnya 3 X:= 7 mod 2, hasilnya 1 Tipe Data...

Latihan Dan Soal Perulangan Pascal (Bagian 3)

Sebelumnya saya sudah posting mengenai Latihan Dan Soal Perulangan Pascal (Bagian 2) Kali ini saya akan menlanjutkan beberapa latihan - latihan lagi. Langsung saja berikut latihan-latihannya : Buatlah Program dengan 3 moodel perulangan(Repeat-Until, While, dan For untuk permasalahan deret ukur 3, 9, 23, ...... jawab : PERULANGAN REPEAT-UNTIL     uses crt;    var      i,p,nilai   : integer;    begin      clrscr;      writeln(' PERULANGAN REPEAT-UNTIL ');      writeln('-------------------------');      writeln;      write('Masukkan Jumlah Deret = ');readln(p);      writeln;      nilai   :=3;      i       :=1;      repeat      begin           write(nilai:5);           i    ...