Skip to main content

Program Menghitung Luas Segitiga dengan Pascal

  Oke sudah lama sekali saya tidak menulis di blog ini , maklum banyak kegiatan di luar salah satunya tugas kuliah yang semakin menumpuk akibat sering ditunda-tunda. Dan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat program untuk menghitung luas segitiga siku-siku dengan menggunakan bahasa pemrograman turbo pascal sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi menghitung secara manual, cukup dengan memasukkan data dan tunggu hasilnya. 

Segitiga Siku siku 
langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Buka Turbo pascal atau Tpw , masih bingung antara pascal dengan      TPW?
   santai, sebenrnya keduanya merupakan sebuah software yang sama ,    bedanya TPW ialah Turbo pascal yang digunakan untuk komputer yang    memiliki sistem operasi windows.
2. Masukkan kode-kode di bawah ini..

   program hitungsegitiga;
   uses wincrt;
   var a,b,c,d,e:real;
   begin
        writeln('Program untuk menghitung sisi miring, keliling, dan         luas segitiga siku-siku');
        writeln('Masukkan data anda degan benar');
        write('Sisi pertama = ');readln(a);
        write('Sisi kedua = ');readln(b);
        c:=sqrt(a*a+b*b); {mencari sisi miring}
        d:=a+b+c; {mencari keliling}
        e:=(a*b)/2; {mencari luas}
        writeln('Hasilnya adalah');
        writeln('Sisi miring segitiga siku-siku adalah: ',c:5:3);
        writeln('Keliling segitiga siku-siku adalah: ',d:5:3);
        writeln('Luas segitiga siku-siku adalah: ',e:5:3);
   end.


kode diatas selain untuk mencari luas bisa juga untuk mencari     elemen lain dalam sebuah sagitiga yakni sisi miring(pada baris   ke..) keliling(pada baris ke...).

penjelasan

  • Var: adalah variabel atau bisa dibilang merupakan nilai input     data yang harus dimasukkan. Nilai dari var bisa diisi dengan angka seperti real atau integer, namun jika ingin diisi dengan huruf bisa memakai string.
  • a,b,c,d,e:real maksudnya ialah variabel a,b,c,d,e menggunakan bilangan real.
  • c := sqrt(a*a+b*b) bisa diterjemahkan sebagai akar dari a kuadrat ditambah akar dari b kuadrat,  digunakan untuk mengetahui sisi miring pada segitiga siku-siku ,namun tidak berpengaruh terhadap hasil dari luas. Setelah didapat sisi miring maka kita bisa mencari kelilingnya.
  • writeln : digunakan sebagai label atau kalimat yang akan ditampilkan saat program dijalankan. Oh ya, anda bisa juga memodifikasi tulisan yang ada di writeln karena hal ini tidak berpengaruh terhadap pemrosesan data pada program
  • luas := (a*b)/2 , adalah rumus dari segitiga siku-siku dengan menghitung kedua sisinya yang saling tegak lurus. 
  • c:5:3, d:5:3 , kedua variabel diatas bisa diisi sampai 5 digit angka di depan koma dan memiliki ketilitian sampai 3 digit di belakang koma.

3. Jalankan Program maka kurang lebih hasilnya seperti ini
   pada gambar diatasa saya mencoba menyelesaikan soal menentukan      luasa dan keliling suatu segitiga siku-siku dengan program TPW      yang telah saya buat. Disini saya memasukkan nilai
   sisi pertama : 3
   sisi kedua : 4
   sehingga didapatkan hasil
   sisi miring : 5
   pada gambar memang dituliskan 5.000 , tanda titik disini disebut    sebagai tanda koma sama seperti 5,000 dan memiliki ketelitian        sampai dengan tiga digit di belakang koma seperti yang saya          tuliskan pada kode program diatas.
   keliling : 12
   luas : 6

Bagaimana, cukup mudah bukan dalam membuat suatu program , agar lebih masih dan lancar latihlah terus logika serta sering-seringlah mencoba membuat suatu program dengan turbo pascal atau TPW. Tapi kelemahan dari TPW ialah program yang dibuat masih berbasis tulisan/teks sehingga menurut saya terlihat kurang menarik dan atraktif, apalagi jika anda ingin membuat sebuah program untuk pembelajaran anak-anak. Saat ini sudah banyak program berbasis grafik dan yang cara pembuatannya mirip TPW ialah Lazarus. Tertarik mencobanya?

Comments

Popular posts from this blog

Pemakaian Gotoxy Pada Program Pascal

Suatu informasi yang terdapat dilayar monitor tentu harus enak dilihat dan rapi. Jika melihat hasil program Menampilkan Lebih 1 Record Pada Pascal kurang menarik, hasilnya masih berantakan. Bagaimana membuat tampilan menjadi lebih tersusun? Untuk menyelesaikan hal ini, kita wajib menggunakan gotoxy. Gotoxy digunakan untuk menuju ke suatu koordinat tertentu pada layar monitor. Dengan menggunakan gotoxy, maka tampilan di layar akan lebih tersusun/rapi, sehingga lebih enak dilihat. Berikut pemakaian gotoxy pada program pascal. uses crt ; type     mahasiswa = record ;     nim    : string[8] ;     nama   : string[30] ;     jenjang: string[2] ;     prodi  : string[30] ;     Nilai  : byte ;     end; var    recMhs : array[1..30] of mahasiswa ;    ket    : string[10];    i      : byte ; Begin      for i:= 1 to 12 do      begin           Write('NIM       : '); readln(recMhs[i].nim) ;           Write('Nama      : '); readln(recMhs[i

Contoh Program Perkalian Menggunakan FOR BERSARANG Pada Turbo Pascal

    Berikut ini adalah program yang menghasilkan tabel perkalian dari angka 1 sampai angka 5. Program ini menggunakan for dalam for atau sering disebut juga dengan for bersarang. Kode Program: program buat_kolom_baris;   {for bersarang} var    a,b  : integer; begin    writeln('_____________________________________________________');    writeln('-----------------------------------------------------');    a := 0;    for a := 1 to 10 do    begin      for b := 1 to 5 do      begin      write (a:5,'*',b,'=',(a*b):2);      end;    writeln;    end;    writeln('-----------------------------------------------------');    writeln('_____________________________________________________'); readln; end. Hasil Program: Selamat Mencoba,, semoga berhasil... ^_^

Contoh Program Perkalian Menggunakan WHILE BERSARANG Pada Turbo Pascal

    Berikut ini adalah program yang menghasilkan tabel perkalian dari angka 1 sampai angka 5. Program ini menggunakan while dalam while atau sering disebut juga dengan while bersarang. Kode Program: program buat_kolom_baris;   {while dalam while}{while bersarang} var    a,b  : integer; begin    writeln('_____________________________________________________');    writeln('-----------------------------------------------------');    a := 1;    while a <= 10 do    begin       b := 1;       while b <= 5 do       begin       write (a:5,'*',b,'=',(a*b):2);       b := b + 1;       end;    writeln;    a := a + 1;    end;    writeln('-----------------------------------------------------');    writeln('_____________________________________________________');    readln; end. Hasil Program: Semoga artikel Contoh Program Perkalian Menggunakan WHILE BERSARANG Pada Turbo Pascal ini