Skip to main content

Tipe Data Dan Nama Algoritma Dan Pemrograman

TIPE DATA DAN NAMA
Pendahuluan
• Tipe adalah pola representasi data dalam komputer
• Tipe data dapat dikelompokkan menjadi dua macam:
   1) Tipe dasar à tipe yang dapat langsung dipakai
   2) Tipe bentukan à hasil bentukan dari tipe dasar

Tipe Dasar
• Bilangan logika
• Bilangan bulat
• Bilangan riil
• Karakter
• String

Bilangan Logika
• Nama Tipe: Boolean
• Domain Nilai:
   > benar (true): biasanya dinyatakan dengan angka 1
   > salah (false):biasanya dinyatakan dengan angka 0
• Konstanta: true dan false
• Operasi àbiasanya disebut sebagai operasi logika atau operasi boolean. Operator logika yang umum digunakan: not, and, or dan xor
• Tabel kebenaran (truth table):

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-01

Bilangan Bulat
• Nama Tipe: Integer
•Domain Nilai: misal pada kompilator Turbo Pascal, dapat direpresentasikan ke dalam lima macam tipe:

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-02

• Konstanta: konstanta untuk nilai bertipe bilangan bulat harus ditulis tanpa mengandung titik desimal.
  Contoh : 15, -7, 0, 677
• Operasi:
1) Operasi Aritmatika, operasi aritmatika terhadap bilangan bulat dengan sembarang operator aritmatika menghasilkan nilai yang bertipe bilangan bulat juga.
  Macam-macam operator aritmatika :
  + - * div mod
2) Operasi Perbandingan operasi perbandingan terhadap bilangan bulat dengan salah satu operator relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false).
  Macam-macam operator perbandingan :
  <  ≤  >  ≥  =  ≠


Bilangan Riil
• Nama Tipe: Real
•Domain Nilai: misal pada kompilator Turbo Pascal, dapat direpresentasikan ke dalam empat macam tipe:

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-03

• Konstanta : untuk nilai bertipe bilangan riil harus ditulis dengan mengandung titik desimal.
  Contoh : 0.15; -7.566+E9; 0.0; 677.1
• Operasi :
1) Operasi Aritmatika, operasi aritmatika terhadap bilangan riil dengan sembarang operator aritmatika menghasilkan nilai yang bertipe bilangan riil juga.
  Macam-macam operator aritmatika :
  + - * div mod
2) Operasi Perbandingan operasi perbandingan terhadap bilangan riil dengan salah satu operator relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false).
  Macam-macam operator perbandingan :
  <  ≤  >  ≥  ≠

Karakter
Nama Tipe : Char
• Domain Nilai : adalah semua huruf di dalam alfabet (‘a’..’z’, ‘A’..’Z’), angka desimal (0..9), tanda baca (‘.’, ‘:’, ‘!’, ‘?’, dan lain-lain), operator aritmetik (‘+’, ‘-‘, ‘*’, ‘/’), dan karakter-karakter khusus seperti (‘$’, ‘#’, ‘@’, ‘^’, ‘~’, dan lain-lain). Daftar karakter yang lengkap dapat dilihat di dalam buku-buku yang memuat tabel ASCII.
Konstanta : konstanta untuk nilai bertipe karakter harus diapit oleh tanda petik tunggal.
  Contoh : ‘A’; ‘8’; ‘.’; ‘$’
Operasi : operasi perbandingan terhadap karakter dengan salah satu operator relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false).
  Macam-macam operator perbandingan :
  <  >  ≥  =  ≠

String
Nama Tipe : String
Domain Nilai : adalah deretan karakter yang didefinisikan pada ranah karakter.
Konstanta : konstanta untuk nilai bertipe string harus diapit oleh tanda petik tunggal.
  Contoh : ‘Bangkalan’; ‘ABCDE’; ‘1234’; ‘y’
String kosong (null) adalah string yang panjangnya nol, dan dilambangkan dengan
  ‘  ’ è (string kosong adalah sama dengan karakter kosong)
Operasi :
  1) Operasi Penyambungan
  Operator : +
  Contoh : ‘Teknik’+‘Informatika’ = ‘TeknikInformatika’
  2) Operasi Perbandingan
  Operasi perbandingan terhadap string dengan salah satu operator     relasional menghasilkan nilai boolean (true atau false).
  Macam-macam operator perbandingan :
  <  ≤  >  ≥  =  ≠

Tipe bentukan
• Tipe bentukan adalah tipe yang dibentuk (dan diberi nama) dari satu atau lebih tipe dasar. Operasi terhadap komponen bertipe dasar dilakukan seperti yang didefinisikan pada tipe dasar. Operasi terhadap keseluruhan tipe mungkin didefinisikan atau tidak.
• Dalam notasi algoritma, sebuah tipe bentukan berupa komposisi elemen dituliskan dengan notasi: 

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-04 

Contoh Tipe Bentukan
Contoh : type Titik
 {type titik menyatakan absis dan ordinat real pada sumbu kartesian}
 type Titik : record <x:real,y:real>
 Jika dideklarasikan :
 P : Titik { artinya : P adalah sebuah Titik }
 Cara mengacu/mengakses nilai elemen yang tersimpan dalam P adalah :
 P.x { menghasilkan absis bertipe real }
 P.y { menghasilkan ordinat bertipe real }
• Domain nilai : <real, real>
• Konstanta : < 1.3 , 2.2 > ; < 0.01 , 100.01 >
• Operator :
  > Operator terhadap Titik harus dibuat
  > Operasi real terhadap P.x dan P.y

Contoh lain : type Jam { type Jam menyatakan representasi jam dalam notasi hh:mm:ss dengan hh bernilai [0..23], mm bernilai [0..59] dan ss bernilai [0..59] }
 type Jam : record
 <hh : integer, {0..23} { jam }
 mm  : integer, {0..59} { menit }
 ss  : integer {0..59} { detik }>
 Jika dideklarasikan :
 J : Jam { artinya : J adalah sebuah Jam }
 Cara mengacu/mengakses nilai elemen yang tersimpan dalam J adalah :
 J.hh { menghasilkan bagian jam bertipe integer {0..23} }
 J.Mm { menghasilkan bagian menit bertipe integer {0..59} }
 J.ss { menghasilkan bagian detik bertipe integer {0..59} }
• Domain nilai : <integer, integer, integer>
• Konstanta : < 1, 0, 6 > ; < 17, 10, 31 >
• Operator :
  > Operator terhadap Jam harus dibuat
  > Operasi integer terhadap J.hh, J.mm dan J.ss


Sekilas tentang ...
•Komputer, pada umumnya mengenal 3 jenis data, yaitu: Numerik, Karakter, dan Logika
•Dan Java mengenal 2 jenis tipe data:
  –Tipe data primitif è tipe data yang diadopsi dari tipe data klasik (diadopsi dari berbagai bahasa pemrograman pendahulu Java), seperti: Pascal dan C++
   –Tipe data objek è tipe data berbentuk class yang merupakan ciri khas dari pemrograman PBO, yg disediakan dengan tujuan utk mendukung operasional tipe data primitif
• Adapun beberapa tipe data yg sering digunakan dalam Java:

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-05

• Java juga mengengal istilah Literal..
• adalah nilai variabel/attribute atau nilai konstanta atau nilai objek data.
• tiga besaran literal dalam java yaitu angka, karakter, dan string. 
• angka terdiri dari byte, short, int, long, float, double, dan boolean (dianggap angka     true = 1 atau false = 0). 

Tabel jangkauan dan ukuran
dari semua tipe data dalam Java

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-06

Nama
• Peubah (variable)
• Konstanta (constant)
• Tipe bentukan
• Nama Fungsi
• Nama Prosedur

Nama Peubah
• Peubah adalah tempat penyimpan data di dalam memori yang isinya dapat diubah
• Contoh :

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-07

Nama Konstanta
• Konstanta adalah tempat penyimpan data di dalam memori yang isinya tetap dan tidak dapat diubah
• Contoh :

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-08

Nama tipe bentukan
• Nama tipe bentukan diberikan oleh pembuat program
• Contoh :

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-09 

Nama Fungsi dan Prosedur
• Konversi_Real_Integer adalah nama fungsi.

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-10

• Tukar adalah nama prosedur.

Tipe Data dan Nama Algoritma dan Pemrograman-11

Rangkuman
• Tipe data dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu tipe dasar (bilangan logika, bilangan bulat, bilangan riil, karakter dan string) dan tipe bentukan
• Ada lima macam nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan dalam algoritma, yaitu Peubah (variable), Konstanta (constant), Tipe bentukan, Nama Fungsi dan Nama Prosedur.

Sekian.....

Comments

Popular posts from this blog

Pemakaian Gotoxy Pada Program Pascal

Suatu informasi yang terdapat dilayar monitor tentu harus enak dilihat dan rapi. Jika melihat hasil program Menampilkan Lebih 1 Record Pada Pascal kurang menarik, hasilnya masih berantakan. Bagaimana membuat tampilan menjadi lebih tersusun? Untuk menyelesaikan hal ini, kita wajib menggunakan gotoxy. Gotoxy digunakan untuk menuju ke suatu koordinat tertentu pada layar monitor. Dengan menggunakan gotoxy, maka tampilan di layar akan lebih tersusun/rapi, sehingga lebih enak dilihat. Berikut pemakaian gotoxy pada program pascal. uses crt ; type     mahasiswa = record ;     nim    : string[8] ;     nama   : string[30] ;     jenjang: string[2] ;     prodi  : string[30] ;     Nilai  : byte ;     end; var    recMhs : array[1..30] of mahasiswa ;    ket    : string[10];    i      : byte ; Begin      for i:= 1 to 12 do      begin           Write('NIM       : '); readln(recMhs[i].nim) ;           Write('Nama      : '); readln(recMhs[i

Contoh Program Perkalian Menggunakan FOR BERSARANG Pada Turbo Pascal

    Berikut ini adalah program yang menghasilkan tabel perkalian dari angka 1 sampai angka 5. Program ini menggunakan for dalam for atau sering disebut juga dengan for bersarang. Kode Program: program buat_kolom_baris;   {for bersarang} var    a,b  : integer; begin    writeln('_____________________________________________________');    writeln('-----------------------------------------------------');    a := 0;    for a := 1 to 10 do    begin      for b := 1 to 5 do      begin      write (a:5,'*',b,'=',(a*b):2);      end;    writeln;    end;    writeln('-----------------------------------------------------');    writeln('_____________________________________________________'); readln; end. Hasil Program: Selamat Mencoba,, semoga berhasil... ^_^

Contoh Program Perkalian Menggunakan WHILE BERSARANG Pada Turbo Pascal

    Berikut ini adalah program yang menghasilkan tabel perkalian dari angka 1 sampai angka 5. Program ini menggunakan while dalam while atau sering disebut juga dengan while bersarang. Kode Program: program buat_kolom_baris;   {while dalam while}{while bersarang} var    a,b  : integer; begin    writeln('_____________________________________________________');    writeln('-----------------------------------------------------');    a := 1;    while a <= 10 do    begin       b := 1;       while b <= 5 do       begin       write (a:5,'*',b,'=',(a*b):2);       b := b + 1;       end;    writeln;    a := a + 1;    end;    writeln('-----------------------------------------------------');    writeln('_____________________________________________________');    readln; end. Hasil Program: Semoga artikel Contoh Program Perkalian Menggunakan WHILE BERSARANG Pada Turbo Pascal ini