Skip to main content

Pengertian Program dan Bahasa Pemrograman

 Yang dimaksud dengan program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengatur komputer agar melakukan suatu tindakan tertentu. Tanpa program, komputer sesungguhnya tidak dapat berbuat apa-apa.  Karena itu, program merupakan salah satu bagian penting pada komputer, yang mengatur komputer agar melakukan tindakan yang sesuai dengan yang dikehendaki. Orang yang membuat program biasa disebut programmer.

  Suatu program ditulis dengan mengikuti kaidah bahasa pemrograman tertentu. Komputer bekerja seperti switching dan hanya mengenali 0 dan 1 dan Manusia dapat mengerjakan suatu intruksi berdasarkan kalimat-kalimat. Jadi, kita perlu adanya bahasa penghubung agar komputer mampu mengerti segala instruksi dari manusia, yang kita sebut sebagai bahasa pemrograman.

 Bahasa pemrograman diubah kedalam bahasa yang dipahami oleh komputer dengan menggunakan interpreter atau kompiler.
Interpreter menerjemahkan instruksi selama program diminta untuk dieksekusi. Jika seseorang bermaksud menjalankan program tersebut agar dapat dijalankan oleh komputer, mula-mula kode sumber (source code) diterjemahkan dulu ke dalam bentuk kode mesin per baris instruksi. Setelah satu baris instruksi tersebut dipahami komputer, instruksi tersebut dijalankan. lalu interpreter kembali memproses baris instruksi lainnya.

 Sedangkan kompiler, menerjemahkan instruksi ke dalam kode objek secara keseluruhan, setelah semua instruksi diterjemahkan, instruksi yang telah dimengerti oleh komputer baru dijalankan.Proses tersebut dinamakan kompilasi.

  Dalam dunia pemrograman dikenal berbagai macam bahasa pemrograman, namun yang lebih umum digunakan adalah Pascal, Java, C, C++, dan BASIC.
Secara garis besar, bahasa-bahasa pemrograman dapat dikelompokkan menjadi:
– Bahasa beraras tinggi – high level language (Assembler)
– Bahasa beraras rendah – medium level language (C, Pascal, Fortran) dan
– Bahasa beraras rendah – low level language (Java, C++, C#).
Semakin tinggi tingkatan bahasa, semakin mudah dipahami oleh programmer (manusia), dan semakin rendah tingkatannya, semakin mudah pula dimengerti oleh komputer.

Comments

Popular posts from this blog

Pemakaian Gotoxy Pada Program Pascal

Suatu informasi yang terdapat dilayar monitor tentu harus enak dilihat dan rapi. Jika melihat hasil program Menampilkan Lebih 1 Record Pada Pascal kurang menarik, hasilnya masih berantakan. Bagaimana membuat tampilan menjadi lebih tersusun? Untuk menyelesaikan hal ini, kita wajib menggunakan gotoxy. Gotoxy digunakan untuk menuju ke suatu koordinat tertentu pada layar monitor. Dengan menggunakan gotoxy, maka tampilan di layar akan lebih tersusun/rapi, sehingga lebih enak dilihat. Berikut pemakaian gotoxy pada program pascal. uses crt ; type     mahasiswa = record ;     nim    : string[8] ;     nama   : string[30] ;     jenjang: string[2] ;     prodi  : string[30] ;     Nilai  : byte ;     end; var    recMhs : array[1..30] of mahasiswa ;    ket    : string[10];    i      : byte ; Begin      for i:= 1 to 12 do      begin           Write('NIM       : '); readln(recMhs[i].nim) ;           Write('Nama      : '); readln(recMhs[i

Contoh Program Perkalian Menggunakan FOR BERSARANG Pada Turbo Pascal

    Berikut ini adalah program yang menghasilkan tabel perkalian dari angka 1 sampai angka 5. Program ini menggunakan for dalam for atau sering disebut juga dengan for bersarang. Kode Program: program buat_kolom_baris;   {for bersarang} var    a,b  : integer; begin    writeln('_____________________________________________________');    writeln('-----------------------------------------------------');    a := 0;    for a := 1 to 10 do    begin      for b := 1 to 5 do      begin      write (a:5,'*',b,'=',(a*b):2);      end;    writeln;    end;    writeln('-----------------------------------------------------');    writeln('_____________________________________________________'); readln; end. Hasil Program: Selamat Mencoba,, semoga berhasil... ^_^

Contoh Program Perkalian Menggunakan WHILE BERSARANG Pada Turbo Pascal

    Berikut ini adalah program yang menghasilkan tabel perkalian dari angka 1 sampai angka 5. Program ini menggunakan while dalam while atau sering disebut juga dengan while bersarang. Kode Program: program buat_kolom_baris;   {while dalam while}{while bersarang} var    a,b  : integer; begin    writeln('_____________________________________________________');    writeln('-----------------------------------------------------');    a := 1;    while a <= 10 do    begin       b := 1;       while b <= 5 do       begin       write (a:5,'*',b,'=',(a*b):2);       b := b + 1;       end;    writeln;    a := a + 1;    end;    writeln('-----------------------------------------------------');    writeln('_____________________________________________________');    readln; end. Hasil Program: Semoga artikel Contoh Program Perkalian Menggunakan WHILE BERSARANG Pada Turbo Pascal ini